Label:

Cara Klasik Membersihkan Folder Sampah


Anda masih ingat era keemasan DOS? Ketika itu, pengguna komputer "terpaksa" mengerti dan bahkan menghapal sejumlah perintah-perintah untuk melakukan berbagai hal pada komputer. Salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa baris perintah di file Autoexec.bat.


Tahukah Anda saat ini masih ada beberapa perintah lawas yang sebenarnya masih dapat digunakan, misalnya adalah untuk mengosongkan folder temporary milik sistem operas Windows? Berikut ini – kalau Anda masih ingat – adalah perintahnya:
Echo Y|Del C:WindowsTemp|*.*>Nul
- Perintah Echo Y secara otomatis akan menuliskan karakter Y yang akan diinputkan pada perintah Del…
- Perintah | atau simbol Pipe berguna untuk membuat output dari suatu perintah bertindak sebagai input dari perintah lain dalam hal ini output dari Echo Y menjadi input bagi Del C:windowsTemp*.*
- Perintah >Nul bertugas untuk mencegah tampilnya pesan setelah operasi selesai dilaksanakan. 
Memang pada sistem operasi modern, autoexec.bat tidak lagi digunakan. Akan tetapi, perintah tersebut masih bisa dijalankan dari modus Command Prompt, lewat Start>Run>Cmd. Yang pasti, mengetikkan perintah di atas akan mengosongkan folder C:WindowsTemp di atas. Kecuali file temporary yang saat ini sedang digunakan oleh sistem operasi dan aplikasinya. Coba saja.

0 komentar:

Poskan Komentar