Label:

Cara Melakukan Shutdown Komputer Secara Otomatis





Anda akan meninggalkan kantor namun komputer Anda masih digunakan rekan lain hingga jam kantor usai? Jangan khawatir, Anda bisa membuat komputer itu shutdown secara otomatis bila jam kantor telah lewat atau di waktu lain yang Anda inginkan.





Kalau Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, baik XP hingga Windows 7 sekalipun, berikut ini caranya:
Klik Start > Run atau Start lalu ketikkan Run di kolom Search program and files (bagi pengguna Vista atau 7). Di menu Run, ketikkan shutdown.exe -s -t 600
Shutdown.exe adalah program untuk mematikan sistem operasi dan komputer adapun -s adalah perintah tambahan untuk melakukan shutdown. Perintah tambahan -t adalah untuk menambahkan waktu yang akan dihitung mundur sebelum komputer melakukan shutdown.
Contoh 600 di atas adalah waktu yang ditentukan yakni 600 detik sebelum komputer melakukan shutdown otomatis. Angka tersebut bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan.
Jika komputer Anda sedang menjalankan berbagai program yang kadang akan mengganggu proses shutdown, Anda bisa beri tambahan perintah -f. Anda juga bisa menggunakan perintah -r jika Anda ingin komputer melakukan restart.

Untuk membatalkan, shutdown otomatis setelah penghitungan mundur dimulai, beri perintah shutdown.exe -adari menu Run.

0 komentar:

Poskan Komentar