Label:

Persipura Kunci Gelar Juara ISL di Samarinda


Persipura memastikan diri menjadi juara Liga Super Indonesia (ISL) 2010-2011. Status itu Tim Mutiara Hitam setelah menaklukkan tuan rumah Persisam Samarinda 2-1 di Stadion Segiri, Rabu 8 Juni 2011.

Dengan kemenangan penting ini, maka Persipura mengantongi total 55 poin dari 25 laga yang telah dijalani. Jumlah ini berselisih 10 poin dari pesaing terdekat Persija Jakarta yang baru mengoleksi 45 poin. Dengan tiga laga tersisa, maka tertutup kemungkinan poin Persipura dilampaui Persija.

Dalam laga penentuan tersebut, Persipura harus bersusah payah meladeni perlawanan sengit Persisam yang menghuni peringkat 6 klasemen sementara ISL. Gawang Persipura kebobolan terlebih dahulu oleh tendangan gelandang Persisam, Fandy Mochtar di menit ke-22. Persipura baru membalas di menit 34 melalui tendangan bebas Ortizan Solossa. 

Di babak kedua, kedua kubu menampilkan permainan terbuka. Dengan sama-sama mengusung formasi 4-4-2, Persisam dan Persipura tidak takut melakukan jual beli serangan.

Peluang emas pertama didapat Persipura di menit-63. Namun, tendangan keras Boaz Solossa dari luar kotak penalti hanya membentur tiang kanan gawang.

Satu menit kemudian, giliran Persisam mengancam gawang Persipura melalui kemelut di kotak penalti. Namun, sundulan gelandang Persisam, Ahmad Sembiring hanya menghantam mistar gawang.

Kebuntuan akhibnya berhasil dipecahkan pasukan Jacksen Ferreira Tiago di menit ke-70. Sodoran bola dari Stevie Bonsapia disambut dengan tendangan keras Boaz dari sisi kanan gawang Persisam. 

Bola sempat ditepis kiper Persisam, Wawan Hendrawan, namun bola malah mengarah ke ruang kosong. Titus Bonay yang tidak terkawal dengan mudah melesakkan bola ke gawang yang sudah tidak terjaga. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Persipura.

Persisam yang coba mengejar ketertinggalan tidak mampu membalas. Hingga babak kedua berakhir, skor pun tidak berubah 2-1 untuk Persipura sekaligus mengunci gelar juara ISL musim ini.

Susunan Pemain 
Persisam: Wawan Hendrawan (GK), Saeful Lewenusa, Tsimi Jacques Joel, M Roby, Djayusman Triasdi, Ronald Fagundez, I Wayan Mudana, Ahmad Sembiring, Fandy Mochtar, Pavel Solomin, Choi Dong Soo

Persipura: Ferdiansyah (GK), Ortisan Solossa, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe, Ian Louis Kabes, Rahmat Rivai, Christian David Uron, Stevie Bonsapia, Yustinus Pae, Boaz Solossa, Titus Bonay

• VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar