Logat jawa lebih puas kalo menyebutnya Gereja Mblendug.  Rasanya lebih mantep jika dibanding mengucapkan nama gereja di kawasan Kota Lama Semarang ini hanya Blenduk saja. Berasa ada yang kurang gitu.
Bangunan khas dengan atap berupa kubah gemuk mirip mangkok terbalik  ini merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Sebenarnya gereja ini bernama GPIB Immanuel dan masih digunakan sebagai beribadah sampai sekarang. Sayang, dua kali menjenguk gereja ini, dua kali pula saya tidak bisa masuk ke bagian dalam gereja.
Meskipun demikian saya tetap masih menikmati warisan peninggalan Belanda yang masih tampak kokoh ini. Tempat favorit saya adalah taman di sebelah gereja. Sembari duduk saya melayangkan pandangan menyibak kisah masa lalu yang tertinggal di sekitar Gereja Blenduk ini. Melihat bagaimana kehidupan masyarakat silam dari kacamata sendiri. Menerawang bagaimana bangunan anggun ini melewati masa demi masa hingga sekarang. Saya selalu takjub melihat bangunan-bangunan tua, termasuk pula keberadaan gereja ini.