Label:

Antivirus Terbaik???



Tergelitik dengan pertanyaan seseorang, antivirus yang baik apa? kamu pakai antivirus apa? hmmmm.. saat saya baru mengenal komputer saya juga selalu bertanya-tanya seperti ini kepada teman-teman yang lebih mengerti tentang komputer. Ya simpel saja menurut saya. Yang pasti suatu antivirus mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah beberapa hari yang lalu saya terpaksa memformat komputer atau istilah agak tinggi dikit install ulang gara-gara error terkena semacam malware atau script aneh yang tidak jelas. Sudah saya cari cari file induk virus ternyata saya tidak bisa menemukannya. Ya terpaksa jalan satu-satunya install ulang. Dan ternyata antivirus andalan saya bisa jebol juga(aduh koq jadi curhat :LOL)oke-oke kita mulai review ya antivirus yang baik dan terbaik yang mana?

1. BitDefender Antivirus Pro 2011
BitDefender Antivirus Pro 2011 memiliki fitur yang lengkap dan sangat mudah digunakan, Fitur baru yang dimiliki antivirus ini adalah Serach Advisor, dimana terintegrasi secara built-in pada browser yang akan memberikan proteksi saat melakukan browsing di internet. Selain itu ada juga fitur Active Virus Control yang dirancang untuk mendeteksi dan mengahapus ancaman keamanan yang tersembunyi. Kekurangan dari antivirus BitDefender Pro ini adalah menggunakan sedikit lebih banyak resource pada komputer namun begitu user tidak akan merasakannya.

2. Kaspersky Anti-virus 2011
Kaspersky Labs kembali menjadi salah satu vendor security yang populer dengan mengeluarkan produk antivirus. Kaspersky antivirus 2011 menjanjikan kenyamanan dan tingkat keamanan yang lebih modern tanpa mengorbankan sisi performa komputer. Dengan fitur baru yaitu Desktop Security Gadget, System Watcher Technology serta beberapa beberapa peningkatan dalam produknya. Tapi kekurangannya berat banget untuk load komputer dengan RAM yang terbatas

3. Webroot Antivirus 2011
Webroot Antivirus 2011 mengkombinasikan proteksi antivirus dari Sophos dengan Spysweeper yang merupakan salah satu program antispyware terbaik, webroot antivirus mudah dalam pengoperasiannya serta memiliki fitur proteksi dan performa yang efektif. Fitur Spy Sweeper mengatasi ancaman serta gangguan dari adware, pop-up, serta rootkit saat melakukan browsing di internet serta menginformasikan ancaman sehingga user dapat mengatasi hal tersebut dengan tepat. Kekurangan dari antivirus ini adalah tidak tersedianya fitur battery saving dan rescue CD.

4. Norton AntiVirus 2011
Norton Antivirus 2011 merupakan peningkatan dari fitur-fitur ari versi sebelumnya serta menambahkan beberapa fitur tambahan. Symantec/Norton merupakan salah satu pemain besar di pasar antivirus. Pada tahun sebelumnya para pengguna Norton kurang begitu puas dengan kemampuan antivirus Norton karena besarnya resource yang digunakan serta performa yang kurang cepat, namun nampaknya semua kekurangan dari versi terdahulunya telah diatasi pada versi 2011.

5. ESET Nod32 Antivirus 2011
Memberikan proteksi keamanan yang tangguh tanpa mengganggu performa komputer, dengan fitur heuristic detection dan advance diagnostic tool. Dengan mengimplementasikan Heuristic technology, untuk membantu mengatasi masalah virus serta dengan teknologi Threatsense membantu memproteksi dari berbagai malware. Satu yang kurang dari antivirus ini adalah fitur IM Protection dan antiphising, sangat cocok untuk Home user yang membutuhkan software security yang simple, mudah dalam installasi dan antivirus yang bekerja secara otomatis.

6. AVG Anti-virus 2011
AVG Anti-Virus 2011 salah satu program keamanan yang paling banyak digunakan, dengan tampilan yang simple cocok dipakai oleh user yang menginginkan keamanan tanpa direpotkan dengan berbagai tombol konfigurasi. Dengan fitur fitur baru yang inovatif serta peningkatan performa AVG tampil lebih baik dari sebelumnya. Link Scanner merupakan fitur baru yang ada di versi 2011 memberikan proteksi keamanan dari malware yang saat ini banyak menyebar lewat situs sosial networking. Fitur PC Analyzer akan melakukan scan pada komputer untuk menemukan registry error, junk files, disk error serta broken short cut yang kemudian dapat diperbaiki.

7. G DATA AntiVirus 2011
G DATA AntiVirus 2011 memberikan proteksi keamanan dari malware dengan menggunakan du scanning engine yang berbeda yaitu heuristic dan self-learning fingerprinting. G DATA merupakan program antivirus yang cukup affordable dengan tingkat security protection yang tinggi serta user friendly interface yang memudahkan user untuk mengoperasikan program ini. Namun program antivirus ini memiliki kekurangan dengan tidak adanya fitur gamer mode, battery saving mode dan link scanner.

8. Avira AntiVir 2011
Avira AntiVir Premium memiliki performa dan security protection yang berimbang, dikenal sebagai cost-effective antivirus software Avira merupakan solusi yang tepat untuk memproteksi PC user dari ancaman Virus atau malware saat ini. Dengan fitur scanner yang mampu melakukan scanning semua files yang diakses dalam hitungan kurang dari satu detik sebelum file dibuka oleh user. Avira Antivir mampu membuat bootable rescue disk yang sangat berguna saat PC mengalami crash dan tidak mau restart secara normal. Namun kekurangan dari Avira adalah teknologi heuristic analysis and detection terkadang overprotective sehingga memblock atau menghapus file yang bukan malware sebagai ancaman (false positives).

9. Vipre Antivirus 4
Vipre memiliki scanning engine yang paling efficient dengan advanced heuristic technologi, Genscan dan Cobra secara dinamis mampu menemukan malware sebelum menginfeksi komputer, dengan Home Site License cocok digunakan oleh home user yang memiliki lebih dari satu PC. Dengan fitur secure file eraser memudahkan user untuk menghapus file-file sensitive secara permanen tanpa khawatir akan ancaman malware atau virus. Namun Installasi Vipre antivirus tidaklah semudah program antivirus lainnya.

10. Trend Micro Titanium Antivirus +
Memiliki fitur cloud security yang memberikan proteksi dan update secara real-time, Trend Micro Titanium antivirus melakukan deteksi malware threats sebelum menginfeksi sistem pada komputer. Selain itu karena beberapa file atau bagian dari antivirus di host secara online user tak perlu khawatir akan banyaknya space harddisk yang digunakan. trend Micro lebih memfokuskan pada speed performance sehingga tidak ada penambahan fitur atau tool pada versi saat ini. Meski tidak mengurangi kemampuan atau fitur penting dari sebuah antivirus namun ini merupakan sebuah kekurangan yang serius dimana para software antivirus milik kompetitor telah meningkatkan atau menambahkan fitur fitur baru yang canggih di produk mereka.

Diatas itu adalah 10 antivirus terbaik dan terpopuler yang telah didownload pada tahun 2011 ini. Tapi yang jelas seberapa kuat dan tangguhnya sebuah antivirus akan menjadi tidak sempurna jika tidak pernah di update database virusnya. sebuah antivirus sama saja tidak akan bekerja jika tidak perah diupdate. Untuk itu antivirus kita harus selalu diupdate agar file dan data kita akan tetp aman. Kita bisa update gratis dari situs resminya dengan konek diinternet langsung bisa update otomatis. Sedangkan kalau kita jarang atau bahkan tidak pernah konek internet, kita bisa mengambil file database baru untuk kita download dan update manual. Jadi intinya sebuah antivirus yang terbaik adalah antivirus yang selalu diupdate database enginenya

Semoga bermanfaat untuk anda. 

Sumber:toptenreview

0 komentar:

Poskan Komentar