Label:

Norton 360 Version 5.0

Setiap tahun, Symantec merilis versi terkini dari aplikasi pengamanan mereka, termasuk varian terlengkapnya yakni Norton 360 yang tahun ini sudah mecapai versi 5.0. Dan seperti biasa, beberapa perbaikan dari versi 4.0 sudah dilakukan.

Sebagai informasi, Symantec menyediakan 3 seri dari bundel pengamanan all-in-one ini yakni Norton 360 Version 5.0, Norton 360 Version 5.0 Premier Edition, serta Norton 360 Version 5.0 Netbook Edition.

Semuanya memiliki fasilitas yang sama. Bedanya, versi Premier Edition menyediakan online storage untuk backup data dengan kapasitas lebih lega, tidak 2GB seperti yang lain, namun 25GB.

Adapun model Netbook Edition merupakan model yang sudah dioptimalkan penggunaannya bagi komputer jinjing ringkas yang spesifikasinya lebih sederhana itu. Untuk instalasi, Symantec juga menyediakan link download karena netbook umumnya tidak hadir dengan drive optik. Kali ini kita akan mencicipi versi standar yakni Norton 360 Version 5.0.
Fitur
Dari sisi fitur, tidak banyak fasilitas baru yang dihadirkan. Dibandingkan dengan Version 4.0, Symantec hanya mengubah tampilan menu agar lebih mudah digunakan.

Dibanding sebelumnya, Norton System Insight sudah diupgrade menjadi versi 2.0. Versi ini mampu memunculkan pop up menu peringatan di sudut kanan bawah jika ada aplikasi yang mendadak menguras sumber daya sistem.

Fitur ini serupa dengan yang sudah dipasangkan di Norton Internet Security 2011. Anda juga bisa melihat lebih detail aplikasi yang membuat komputer menjadi lambat tersebut di menu performa sistem.


Norton File InsightFitur Download Insight, yang juga telah diperbarui, mencari reputasi file yang Anda download dari database informasi yang telah diberikan komunitas pengguna Norton, dan Symantec Online Network for Automatic Response (SONAR) juga akan mengamati perilaku software yang mencurigakan dan secara otomatis memilih tindakan proaktif. Anda bisa mengubah bagaimana tingkat ketelitian SONAR ini di menu Settings.


Sama seperti pada Norton Internet Security 2011, pada Norton 360 Version 5.0 ini juga ada pemindaian tambahan di luar quick scan, full system scan, dan custom scan yakni scan terhadap wall Anda di Facebook terhadap link-link berbahaya.

Fitur bootable recovery, meski bukanlah hal yang baru, namun kini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna membuat CD, atau DVD, atau penyimpanan USB yang bootable. Fitur ini, khususnya kemampuan untuk membuat USB flashdisk bootable, misalnya, penting bagi mereka yang tidak punya drive optik. Contohnya pemilik netbook.
Uji Coba
Uji coba terhadap Norton 360 Version 5.0 ini kami lakukan pada notebook Acer Aspire 4315 berprosesor Intel Celeron 560 kecepatan 2,13GHz dengan memori sebesar 2,5GB dan menggunakan sistem operasi Windows 7 Ultimate. Uji coba kami lakukan dengan memindai flashdisk berisi 2 folder dan 369 file dengan berbagai macam ekstensi dengan kapasitas total 1GB.
      
Symantec menegaskan, proses instalasi bundel aplikasi all in one ini akan tuntas dalam waktu satu menit saja. Saat kami coba, instalasi ternyata selesai dikerjakan 1 menit 6,55 detik setelah selesai memasukkan Product Key software yang bersangkutan. Sebagai gambaran, di komputer yang sama, Norton Internet Security 2011 tuntas diinstalasikan dalam waktu 46,9 detik saja. Berikut kondisi komputer sebelum dan sesudah diinstalasikan Norton 360 Version 5.0:

                                                                                          Tanpa AV       Norton 360 v5.0

Kinerja       
Windows Startup37,9 detik49,63 detik
Windows Restart56,8 detik1 menit 15,57 detik
Windows Shutdown10,4 detik13,08 detik
Konsumsi Sumberdaya
Windows Idle CPU Usage0-1%1-4%
Windows Scan CPU Usage-13-100%
Windows PF Usage436-461MB596-677MB
Windows Scan PF Usage


Dari percobaan singkat yang dilakukan, Norton 360 Version 5.0 sedikit lebih ringan dibandingkan dengan Norton Internet Security 2011 yang pernah kami coba sebelumnya. Namun demikian, saat melakukan pemindaian, ia sedikit lebih banyak mengonsumsi memori.

Aplikasi pengamanan komputer ini sudah tersedia di harga US$79,99 atau sekitar Rp683 ribu. Layanan Norton Virus Removal Assurance, yakni bantuan teknisi menghilangkan virus ataupun spyware dari jarak jauh juga tersedia. Sayangnya tidak secara cuma-cuma, namun dengan biaya tambahan, yakni US$6,99 atau sekitar Rp60 ribu untuk setahun.
              
Kelebihan
- Antar muka sudah lebih baik, lebih ringan bagi sistem
- Bootable recovery mampu membuat USB flash disk bootable

Kekurangan
- Layanan dukungan tambahan tidak tersedia secara gratis

VIVAnews.
-622-743MB


0 komentar:

Poskan Komentar