Label:

Misteri Jejak Kelompok Illuminati di Roma

Film Angels and Demons yang diperankan aktor Tom Hanks menguak misteri kelompok Illuminati di Roma, Italia. Wisatawan kini bisa menelusuri langsung jejaknya.

Di dalam film tersebut Illuminati disebut sebagai kelompok rahasia penentang Vatikan. Disebutkan ada 5 tempat di Roma yang memiliki simbol Illuminati seperti juga digambarkan dalam novel karya Dan Brown itu.

Terlepas dari benar atau tidaknya soal Illuminati ini, simbol-simbol itu sungguhan ada. Wisatawan yang datang ke Roma bisa mengecek langsung destinasi yang dijelaskan Dan Brown. detikTravel pun pernah menyusuri jejak Illuminati ini beberapa waktu lalu.

Di dalam film, sang tokoh utama Robert Langdon, menelusuri jejak Illuminati dari Piazza del Popolo di utara Roma. Di samping alun-alun ini terdapat Gereja Santa Maria del Popolo. Di dalamnya ada patung "Habakkuk dan Malaikat" yang diklaim oleh Brown menjadi simbol Tanah dari Illuminatti.

Piramida karya Bernini bisa dilihat di sisi kanan patung. Selain gereja, nikmatilah suasana alun-alun Piazza del Popolo, kawasan ini sebenarnya adalah daerah tujuan wisata. Jika berjalan ke Piazza di Spagna atau tangga Spanish Steps, kita bisa menjumpai aneka butik berkelas.

Nah, simbol kedua ini menurut pengarang adalah Udara. Letaknya ada di tengah lapangan Santo Peter di Vatikan, tepatnya di sekitar tugu Obelisk. Bentuknya berupa plakat-palakat marmer dengan ukiran berbagai arah mata angin. Nah, yang menjadi simbol adalah petunjuk arah Barat. Namun mumpung di Vatikan, jangan lupa mampir ke Basilika Santo Peter ya!

Simbol ketiga Illuminati adalah Api. Terletak di arah Timur dari Vatikan, tepatnya di daerah Repubblica, terdapat Gereja Santa Maria della Vittoria. Gereja ini sangat sepi, karena bukan tujuan wisata.

Namun di dalamnya terdapat patung "Ecstasy Santa Theresa". Digambarkan Santa Theresa hendak ditusuk tombak oleh malaikat. Di belakang patung ada ornamen menggambarkan pancaran cahaya. Semua ini menurut Brown adalah perlambang dari elemen Api. Tentu saja gereja ini tidak terbakar seperti di dalam novelnya.

Setelah puas, silakan menuju elemen terakhir, yaitu Air. Di dalam novel, elemen Air dari Illuminati adalah Fontana dei Quattro Fiumi alias Air Mancur Empat Sungai. Letak air mancur ini di Piazza Navona, sebuah alun-alun yang ramai wisatawan di tengah Roma.

Quattro Fiumi dihias dengan 4 patung dewa melambangkan Sungai Gangga, Sungai Danube, Sungai Nil dan Sungai Rio de Plata. Tugu Obelisk lagi-lagi menjadi penghias lokasi. Di puncak obelisk ada patung burung yang sedemikian kecilnya sehingga sekilas seperti burung dara sungguhan yang memang banyak di sekitar air mancur.


Di dalam film, tokoh antagonis membunuh calon Paus dengan cara ditenggelamkan. Nah, bagian yang ini agak dipaksakan, melihat kolam di air mancur ini tidaklah dalam. Selain itu kawasan ini hampir selalu ramai meskipun hari sudah malam.

Usai menyusuri empat simbol Illuminati, saya pun menuju lokasi yang disebut-sebut sang pengarang sebagai markas Illuminati. Tempat itu adalah Kastil Santo Angelo. Ini adalah benteng yang hanya berjarak 800 meter selurusan jalan dari depan Vatikan.

Benteng yang berdiri pada abad kedua Masehi ini tadinya makam Kaisar Romawi Hadrian. Kemudian Paus Nicholas III mengubahnya menjadi benteng pada abad ke-14. Dalam novel dan filmnya, sang tokoh antagonis menyekap para calon Paus di benteng ini. Sulit juga untuk melakukan itu. Pada kenyataannya, Kastil Sant Angelo kini sudah menjadi museum nasional.

Perjalanan traveler pun berakhir. Semua lokasi yang disebut Dan Brown memang benar adanya dengan deskripsi yang serupa. Namun soal Illuminati, orang boleh percaya atau tidak. Yang jelas, tour jejak Illuminati kini sudah masuk ke dalam paket wisata di Roma.


sumber

0 komentar:

Poskan Komentar