Label:

Peserta Euro 2012 (Kroasia)


KROASIA lolos ke putaran final Euro 2012 dengan melumat Turki di babak kualifikasi. Sebuah balas dendam yang manis atas kekalahan mereka dari Turki di perempatfinal Euro 2008 silam.
    
Kini tim dari Negeri Balkan ini siap menjadi "kuda hitam" di Polandia-Ukraina. Pasukan Slaven Bilic bakal memberikan kejutan kepada dua unggulan utama di Grup C, Spanyol dan Italia.
    
Kroasia berada satu grup dengan Spanyol, Italia, dan Republik Irlandia. Dilihat dari peta kekuatan, jelas Tim Matador dan Gli Azzurri pantas menjadi unggulan. Sedang Kroasia dan Irlandia hanya underdog.
    
"Italia dan Spanyol adalah juara dunia pada tahun 2006 dan 2010 lalu. Mereka adalah favorit, tapi kami akan mencoba merusak rencana mereka," ucap gelandang Kroasia, Luka Modric, dikutip situs resmi UEFA.
    
Pada Euro 2008 di Austria-Swiss, tim berjuluk Vatreni ini kalah adu penalti di delapan besar dari Turki. Kekalahan tersebut sangat memukul Modric dkk karena gagal melaju ke semifinal untuk kali pertama.
    
Sejak itu performa Kroasia pun menurun. Mereka gagal melaju ke Piala Dunia 2010 setelah hanya finis di posisi ketiga klasemen grup di bawah Inggris dan Ukraina pada babak penyisihan.
     
Namun, Kroasia terus mencoba bangkit dan berhasil lolos ke putaran final Euro 2012, Juni nanti. Berada di posisi kedua setelah Yunani, dan berhasil mengalahkan Turki rasanya merupakan awal kebangkitan Kroasia. 
    
"Kami membuktikan kami bisa. Setelah semua yang telah terjadi pada babak kualifikasi, kini kami kembali ke tempat yang seharusnya, Piala Eropa," kata Bilic sesaat setelah mengalahkan Turki.
    
Euro 2012 akan menjadi pengalaman keempat bagi Krosia dari lima kali perhelatan Euro sejak berpisah dari Yugoslavia. Satu-satunya kegagalan peringkat ketiga Kroasia adalah ketika tahun 2000.
    
Kroasia akan memulai petualangannya di Euro 2012 dengan menantang Irlandia di Poznan pada 10 Juni mendatang. Selanjutnya bertemu tim unggulan Italia (14/6) dan Spanyol (18/6).
    
Dari sisi materi pemain, Kroasia memiliki skuad yang cukup menjanjikan. Mereka memang selalu melahirkan pemain-pemain berbakat dan menjadi komoditas buat klub-klub Eropa.
    
Bilic memang tak akan membawa Ivan Klasnic (Bolton Wanderers) dan Mladen Petric (Hamburg SV). Namun nama-nama seperti Modric, Josip Simunic, Vderan Corluka, Ivan Rakitic, Darijo Srna, Niko Kranjcar, Ivica Olic, Eduardo da Silva, dan Nikica Jelavic akan menghiasi skuad Kroasia. 
    
"Kami punya skuad yang cukup bagus, hasilnya sudah berbicara. Sekarang kami harus mempersiapkan diri sebaik mungkin," kata Bilic.
    
Pria yang telah melatih Kroasia sejak 2006 itu bahkan meyakini skuad timnya kali ini lebih dari Euro 2008, saat lolos ke perempatfinal. "Kali ini kami ingin melakukan hal yang sama," tandasnya.
    
Dengan nama-nama tersebut, Bilic hanya perlu mencari formula tepat agar timnya tampil  maksimal dan mereka bisa melanjutkan "tradisi" sebagai tim kuda hitam dari Balkan.

Jadwal Pertandingan Kroasia 
Minggu (10/6)    Irlandia vs Kroasia
Kamis (14/6)        Italia vs Kroasia
Senin (18/6)        Kroasia vs Spanyol 


Daftar Final Timnas Kroasia untuk Euro 2012

Kiper: Stipe Pletikosa (FC Rostov), Ivan Kelava (GNK Dinamo Zagreb), Danijel Subašić (AS Monaco FC).

Bek: Jurica Buljat (Maccabi Haifa FC), Vedran Ćorluka (Tottenham Hotspur FC), Danijel Pranjić (FC Bayern München), Gordon Schildenfeld (Eintracht Frankfurt), Josip Šimunić (GNK Dinamo Zagreb), Darijo Srna (FC Shakhtar Donetsk), Ivan Strinić (FC Dnipro Dnipropetrovsk), Domagoj Vida (GNK Dinamo Zagreb).

Gelandang: Milan Badelj (GNK Dinamo Zagreb), Tomislav Dujmović (FC Dinamo Moskva), Ivo Iličević (Hamburger SV), Niko Kranjčar (Tottenham Hotspur FC), Luka Modrić (Tottenham Hotspur FC), Ivan Perišić (Borussia Dortmund), Ivan Rakitić (Sevilla FC), Ognjen Vukojević (FC Dynamo Kyiv).

Penyerang: Eduardo (FC Shakhtar Donetsk), Nikica Jelavić (Everton FC), Mario Mandžukić (VfL Wolfsburg), Ivica Olić (VfL Wolfsburg).

0 komentar:

Poskan Komentar