Label:

Peserta Euro 2012 ( Belanda )



Robin van Persie berstatus top scorer Liga Primer Inggris 2011/2012. Klaas-Jan Huntelaar berlabel top scorer Bundesliga Jerman 2011/2012. Apa jadinya bila dua bomber tajam ini dimainkan bersama?
Sudah pasti akan melahirkan kombinasi menakutkan di depan gawang lawan. Dan itulah yang akan menjadi kekuatan Belanda di ajang Euro 2012 Polandia-Ukraina.

Van Persie musim ini tampil menggila. RvP melesakkan 30 gol dari 38 laga bersama Arsenal di Liga Primer. Selain menyabet sepatu emas, ia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Primer Inggris musim 2011/2012.

The Hunter tak kalah memesona. Dari 32 laga bersama Schalke 04, ia mencetak 29 gol untuk memenangi sepatu emas Bundesliga Jerman musim 2011/2012.
Pemain berusia 28 tahun ini juga memuncaki daftar top scorer kualifikasi Euro 2012 dengan 12 gol. Adapun RvP yang juga berusia 28 tahun mengoleksi enam gol selama kualifikasi.
"Satu pemain mencetak banyak gol di Inggris dan lainnya di Jerman, itu adalah dua negara di mana sepakbola dimainkan dengan bagus. Mereka harus dimainkan bersama," ujar Pelatih Schalke Huub Stevens.

Pelatih Belanda, Bert van Marwijk, juga berencana menduetkan RvP dan The Hunter yang sama-sama tengah berada dalam usia emas tersebut di pentas Euro 2012.
"Mereka dapat bermain bersama, saya sangat senang Klaas-Jan menjadi top scorer di Liga Jerman dan Robin van Persie top scorer di Liga Inggris," katanya dikutip UEFA.com.
Ketajaman keduanya bakal makin menggila bila mendapat layanan dari playmaker Wesley Sneijder dan winger Arjen Robben. "Karenanya saya akan sangat senang jika keduanya dalam kondisi fit," tandas Van Marwijk.

Belanda tampil nyaris sempurna di babak kualifikasi. Berada di Grup E bersama Swedia, Hungaria, Finlandia, Moldova, dan San Marino, De Oranje mencatat sembilan kemenangan dan hanya satu kali kalah.

Satu-satunya kekalahan didapat di partai pamungkas yang sudah tidak menentukan. Saat itu mereka takluk 2-3 oleh Swedia. Belanda pun keluar sebagai juara Grup E.
Sejumlah rekor ditorehkan Belanda di babak kualifikasi. Mereka tercatat sebagai tim yang paling produktif dengan mencetak 37 gol. De Oranje juga mencatat rekor kemenangan sepanjang sejarah mereka, dengan membantai San Marino 11-0 pada 2 September 2011.

Tim Belanda yang ada sekarang komposisinya sama seperti skuad yang melaju ke final Piala Dunia 2010, hanya nama Giovanni van Bronckhorst yang tidak ada karena telah memutuskan untuk pensiun.
Dengan skuad yang berkelas, pelatih piawai, reputasi menjulang, dan hasil gemilang di kualifikasi, Belanda pun masuk daftar favorit juara di Euro 2012.

Kans itu bisa lebih besar lagi apabila mereka bisa lolos dari grup neraka dalam persaingan dengan Jerman, Portugal, dan Denmark di Grup B. Cuma masalahnya, Belanda yang terkenal dengan pakem total football seringkali tak dinaungi keberuntungan. Faktanya, sepanjang orang mengagumi kehebatan negara ini di cabang sepakbola, Belanda baru satu kali memenangi turnamen besar, yakni Euro 1988.

Saat itu Belanda yang dilatih Rinus Michels diperkuat nama-nama kondang seperti Ruud Gullit, Marco van Basten, dan Ronald Koeman. Mereka memastikan gelar juara setelah menaklukkan Uni Soviet 2-0 di partai puncak.

Setelah itu prestasi terbaik mereka di Piala Eropa hanya menembus semifinal pada 1992, 2000, dan 2004. Di Piala Dunia, mereka hanya sanggup mencetak hattrick runner up (1974, 1978, dan 2010).
Banyak pihak kemudian yang menyebut Belanda sebagai juara tanpa mahkota. Mereka mampu menyajikan sepakbola indah dengan gaya total football, namun selalu gagal menjadi juara. Lalu, bagaimana tahun ini? 

Jadwal Pertandingan Belanda

  • 09 Juni Belanda vs Denmark
  • 14 Juni Belanda vs Jerman
  • 18 Juni Portugal vs Belanda


Skuad Timnas Belanda:

Kiper: Tim Krul (Newcastle United FC), Maarten Stekelenburg (AS Roma), Michel Vorm (Swansea City AFC).

Bek: Khalid Boulahrouz (VfB Stuttgart), Wilfred Bouma (PSV Eindhoven), John Heitinga (Everton FC), Joris Mathijsen (Málaga CF), Ron Vlaar (Feyenoord), Gregory van der Wiel (AFC Ajax), Jetro Willems (PSV Eindhoven).

Gelandang: Mark van Bommel (AC Milan), Nigel de Jong (Manchester City FC), Stijn Schaars (Sporting Clube de Portugal), Wesley Sneijder (FC Internazionale Milano), Kevin Strootman (PSV Eindhoven), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur FC).

Penyerang: Ibrahim Afellay (FC Barcelona), Klaas-Jan Huntelaar (FC Schalke 04), Luuk de Jong (FC Twente), Dirk Kuyt (Liverpool FC), Luciano Narsingh (sc Heerenveen), Robin van Persie (Arsenal FC), Arjen Robben (FC Bayern München)

0 komentar:

Poskan Komentar