Label:

Si Pencuri Perhatian di Pesta Gadget Dunia



Las Vegas - Pagelaran Consumer Electronic Show (CES) 2013 yang diadakan di Las Vegas, AS, kerap dijadikan panggung bagi para vendor elektronik untuk memperkenalkan produk terbarunya. Di sini, kehandalan teknologi dari masing-masing produk ditonjolkan untuk menggaet perhatian publik.

Mulai dari inovasi yang sejatinya masih sebatas prototipe hingga produk yang telah siap dipasarkan pun bakal ditemui pada event teknologi yang disebut-sebut sebagai pesta gadget dunia terbesar itu. 

Beberapa produk yang menonjolkan fitur maupun teknologi yang diusungnya bahkan sukses menjadi bahan perbincangan menarik di kalangan pengunjung ataupun media yang hadir.

Sebenarnya apa saja sih yang sukses menjadi bahan perbincangan menarik selama pagelaran CES 2013. Dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (9/1/2013), berikut di antaranya.

1. TV Ultra HD Raksasa

Pada pagelaran CES 2013, produk yang cukup menyita perhatian adalah televisi berukuran besar yang juga didukung dengan kemampuan resolusi tinggi. Salah satunya adalah Sharp yang menonjolkan kemampuan resolusi 3820x2160 melalui layar berukuran 60 inch.

Diikuti oleh Panasonic yang turut memamerkan barisan produk Smart TV yang menonjolkan apa yang disebut sebagai My Home Screen. Dimana dengan sebuah Smart TV, beberapa pengguna dapat mengkustomisasi sendiri tampilan Home Screen-nya masing-masing sesuai keinginannya.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan Near Field Communication (NFC), sehingga proses transfer file lebih mudah dilakukan dari ponsel berfitur NFC menuju Smart TV garapan Panasonic tersebut.

Tidak ketinggalan Samsung yang juga memamerkan produk TV berseri S9 garapannya yang menonjolkan kehandalan layar 85 inch dengan kemampuan resolusi 3820x2160 yang diusungnya Ultra HD.

Bahkan demi mengoptimalkan kemampuan produk TV berkemampuan resolusi 3820x2160 garapannya, Sony turut meluncurkan beberapa film berformat blu-ray yang telah mendukung resolusi Ultra HD tersebut.

2. Perangkat Generasi Baru


Dominasi Windows 8 sepertinya semakin menjadi-jadi melalui berbagai produk yang ditawarkan vendor pada pagelaran CES 2013.

Seperti halnya Lenovo, dengan mengandalkan Windows 8, produk bernama ThinkPad Helix coba menawarkan apa yang disebut 'rip and flip'. Dimana pengguna dapat dengan mudah melepas komputer tablet tersebut dari dudukan keyboardnya kemudian menempatkannya kembali menghadap ke belakang.

Lenovo juga memperkenalkan Yoga yang kini memiliki ukuran lebih kompak dengan mengusung ukuran layar 11 inch.

Intel juga tidak ketinggalan mengenalkan produk ultrabook terbarunya yang memiliki tebal hanya 17 mm yang ditenagai oleh prosesor Core i3 generasi tebaru.

Sedangkan Samsung cukup dengan penambahan fitur konektivitas 4G pada produk Galaxy Tab 10.1 besutannya.

3. Chip Prosesor Mobile


Dari ranah prosesor, Nvidia Tegra 4 mungkin yang paling menonjol di CES kali ini. Prosesor mobile yang diklaim memiliki kemampuan hampir 3 kali lipat lebih kencang bila dibandingkan dengan pendahulunya, Tegra 3, tersebut memang sukses menghipnotis pengunjung melalui kinerja yang ditunjukka melalui sebuah demo game.

Qualcomm juga turut meramaikan CES dengan meluncurkan prosesor Snapdragon terbaru yang mengusung seri 600 dan 800.

Yang mana bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seri 800 diklaim mampu menawarkan kecepatan yang lebih tinggi hingga 150 Mbps pada jaringan 4G LTE.

4. Konsol Game Portabel


Setelah mengejutkan publik dengan Tegra 4, Nvidia melanjutkan geliatnya dengan mengungkap konsol game portabel jagoannya yang masih dalam pengembangan.

Masih mengusung nama 'Project Shield', konsol yang mengusung Android sebagai sistem operasinya tersebut berbentuk gamepad gahar yang disertai layar pada bagian atasnya.

Jen-Hsun Huang selaku Chief Eksekutif Nvidia menyatakan, Shield dipersenjatai prosesor mobile terbaru Tegra 4 yang diklaim memiliki kinerja paling fenomenal dibandingkan prosesor mobile lainnya.

Menariknya, tidak hanya melalui layar yang diusungnya, pengguna juga dapat memainkan game pada konsol portabel tersebut menggunakan layar eksternal hingga resolusi 3820x2160 melalui koneksi HDMI.

5. Gadget Unik


Pagelaran CES juga diwarnai dengan kehadiran berbagai gadget unik yang di antaranya adalah perangkat kecil yang mampu memberitahu dimana posisi barang milik pengguna bila telah disematkan perangkat tersebut.

Sebagai penentu lokasinya, perangkat yang baru akan hadir pada bulan Maret 2013 tersebut diperkirakan bakal menggunakan jaringan GSM.

Panasonic pun turut menawarkan gadget uniknya melalui produk headphone. Dengan mengandalkan apa yang disebut bone-conduction, Panasonic menawarkan pengalaman baru mendengarkan musik dengan cara mengalirkannya melewati tulang pada bagian dalam telinga.



0 komentar:

Poskan Komentar