Label:

9 Jalan Terunik di Dunia


9 Jalan Terunik di Dunia

Cekidot 9 jalan terunik di dunia di bawah ini :

1. Jalan Terpendek di Dunia – Ebenezer, Skotlandia


9 Jalan Terunik di Dunia

Salah satu jalan terunik di dunia ini terletak di Skotlandia. Tepatnya di kawasan Wick. Oleh Guinness Book of Records gedung Ebenezer ini dinobatkan sebagai jalan terpendek di dunia. Panjangnya cuma 2,06 meter. Jalan ini mengalahkan rekor jalan terpendek di dunia sebelumnya yang terletak di Lancashire. Panjang jalan itu adalah 5,2 meter. Jalan Ebenezer ini merupakan bagian bangunan Hotel Mackays yang ada di kawasan tersebut. Jalan ini mulai dibangun pada tahun 1883 dan diresmikan sebagai jalan pada tahun 1887. 

9 Jalan Terunik di Dunia

2. Jalan Tersempit di Dunia – Spreuerhofstraße, Jerman


9 Jalan Terunik di Dunia

Jangan coba-coba baca nama jalannya, pasti bingung. Jalan ini dinobatkan sebagai jalan tersempit di dunia. Jalan ini dapat ditemukan di kota Reutlingen, kawasan Baden-Württemberg, Jerman. Jalan ini mempunyai luas dari 31 sentimeter-50 sentimeter. Salah satu jalan terunik di dunia ini dibangun pada tahun 1727. Jalan ini dibangun sebagai bagian dari pembangunan ulang bangunan-bangunan yang ada di situ akibat kebakaran pada tahun 1726. Jalan ini resmi dimasukkan ke dalam arsip Dinas Pertanahan kota itu dan dinamakan Jalan Kota 77.

9 Jalan Terunik di Dunia

3. Persimpangan Terumit – Los Angeles, Amerika


9 Jalan Terunik di Dunia

Surprise! Baru tau kan kalo LA ada jalan unik kayak gini? Persimpangan Harry Pregerson namanya. Jalan ini terdiri dari lapisan-lapisan jembatan yang kalo dilihat dari atas bener-bener rumit. Persimpangan jalan ini dibuka pada tahun 1993. 

4. Jalan Paling Berlikuk - San Fransisco, Amerika


9 Jalan Terunik di Dunia

Salah satu jalan terunik di dunia ini terletak di dekat bukit Russian, di antara jalan Hyde dan Leavenworth, San Fransisco. Jalan ini dulunya gak berlikuk, tapi lurus ke bawah dan membentuk sudut 27 derajat! Kebayang gak tuh curamnya. Namun, antara tahun 1922-1923 jalan ini diubah bentuknya berlikuk karena alasan kecuraman tadi. 

9 Jalan Terunik di Dunia

Bagian dari jalan berlikuk ini, yang mana 400 meter panjangnya dikasih ama lampu trafik dan batas kecepatan di sini hanya 8 km/jam. Batas kecepatannya sih gak masalah, tapi lampu trafiknya buat apa? Hmm, aneh-aneh aja. 

5. Jalan Tercuram di Dunia - Jalan Baldwin, Selandia Baru


9 Jalan Terunik di Dunia

Jalan ini terletak di kawasan pinggiran kota Dunedin, Selandia Baru. Jalan dengan panjang 350 meter ini dinobatkan sebagai jalan tercuram di dunia karena sudut kecuraman jalannya yang terlalu, 19 derajat! Jalan Baldwin terletak 100 meter di atas ketinggian laut. Namun, kalo kita itung dari puncak permulaan jalan ini, ketinggian jalannya terletak 200 meter dari laut. 

9 Jalan Terunik di Dunia

6. Jalan Terlebar di Dunia – Jalan 9 De Julio, Buenos Aires, Argentina 


9 Jalan Terunik di Dunia

Jalan 9 De Julio mendapatkan gelarnya sebagai jalan terlebar di dunia karena lebar jalannya adalah 300 kaki! Dalam kedaan normal, pejalan kaki di sini harus melewati 3 lampu trafik buat sampai ke seberang. Bagi yang gak sabaran hati-hati banget ye. 

7. Jalan Terpanjang di Dunia - Jalan Yonge, Ontario, Kanada 


9 Jalan Terunik di Dunia

Salah satu jalan terunik di dunia ini menghubungkan antara danau Ontario sampai danau Simcao. Mau tau panjang jalannya? 1896 km. Guinness Book of Records mencatatnya sebagai jalan terpanjang di dunia sampai saat ini. 

8. Jalan Melingkar Paling Besar di Dunia – Putrajaya, Malaysia 


9 Jalan Terunik di Dunia

Panjang jalan yang terletak di Kuala Lumpur ini 3,4 km. Panjang amir gan. 

9. Jalan Melingkar Paling Membingungkan di Dunia – Jalan Magic, Swindon, Inggris 


9 Jalan Terunik di Dunia

Jalan ini dbangun pada awal tahun 1972 dan terdapat 5 putaran di jalan ini, heh~. Tahun 2009, jalan Magic dinobatkan sebagai jalan memutar paling menakutkan di Inggris. Jalan melingkar yang ada batasnya aja takut setengah mati, apalagi yang gak ada batasnya kayak gini.

0 komentar:

Poskan Komentar