Label:

Tûranor PlanetSolar, Kapal Pesiar Tenaga Surya Pertama di Dunia


Tûranor PlanetSolar, inilah kapal pesiar pertama di dunia yang menggunakan tenaga matahari. Kapal ini kini tengah dalam misi mengkampanyekan penggunaan energi terbarukan sekaligus berkeliling dunia.
Seperti dilansir dari situs DailyMail, kapal yang memulai misinya dari Monaco sejak 27 September 2010 itu sepenuhnya mengandalkan tenaga surya

Panjang kapal pesiar ini mencapai 31 meter dan berkapasitas 40 penumpang. Kapal ini mengandalkan panel tenaga surya selebar lebih dari 500 m persegi. Panel tersebut di gunakan untuk menggerakkan dua motor listrik yang menjadi tenaga dorong dari kapal pesiar ini. Kapal ini mampu melesat hingga kecepatan maksimal 14 knot atau sekitar 26 km per jam.
Bila Tûranor PlanetSolar berhasil berkeliling dunia, maka kapal pesiar seharga US$ 12,5 juta, sekitar Rp 107 miliar ini akan mememcahkan rekor. Rekor tersebut adalah kapal pesiar pertama yang sukses mengelilingi bumi, murni mengandalkan tenaga surya. Kini kapal pesiar ini tengah ada di Australia. Semoga berhasil ya.


0 komentar:

Poskan Komentar