Label:

Trancendence, Saat Komputer Ambil Alih Hidup

Trancendence, Saat Komputer Ambil Alih Hidup
Berbeda dengan Eagle Eye yang menceritakan super komputer Eagle Eye yang berinisiatif memogram diri dan menjalankan misi sendiri, Trancendence menokohkan super komputer dengan dua otak yakni gabungan otak komputer dengan otak penciptanya, yakni Dr Will Caster. (Foto : Istimewa)

Film Trancendence adalah film fiksi ilmiah yang mengangkat "kepintaran" sebuah super komputer yang kebablasan. Tema yang diangkat kebetulan bukan yang pertama. Ada Eagle Eye, yang juga mengisahkan super komputer yang mengambilalih peran manusia yang memprogramnya. Tema tersebut seperti mengingatkan manusia untuk "membatasi" inovasi dalam teknologi informasi (TI).




Seperti kita tahu, perkembangan TI adalah yang paling pesat dibandingkan teknologi-teknologi lainnya. Sekarang, TI menjadi ada dan menjadi bagian besar di setiap wujud teknologi yang dulunya tidak mngikutsertakan TI sebagai bagian seperti teknologi mobil, peralatan rumah tangga dan lampu.

Demikian yang dilakukan Dr. Will Caster (Johnny Depp) seorang teknolog yang memiliki impian menciptakan sebuah teknologi super komputer yang kemampuannya lebih besar dari kepintaran semua manusia di dunia. Maksudnya sebetulnya baik, menciptakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Namun, saat inovasinya hampir berhasil, Will Caster ditembak oleh kelompok yang menyebut diri mereka sebagai kelompok antiteknologi. Dalam keadaaan sekarat, sang istri, Evelyn (Rebecca Hall) dan sahabatnya, Max (Paul Bettany) berusaha menolong Will dengan cara menghubungkan isi otak Will ke dalam teknologi komputer yang sedang dikembangkannya. Usaha ini ternyata menjadi awal bencana bagi manusia. Super komputer "berotak penciptanya" itu menjadi begitu cerdas dan canggih dan berusaha mengambilalih semua hal yang pada akhirnya mengancam keselamatan manusia.

Berbeda dengan Eagle Eye yang menceritakan super komputer Eagle Eye yang berinisiatif memogram diri dan menjalankan misi sendiri, Trancendence menokohkan super komputer dengan dua otak yakni gabungan otak komputer dengan otak penciptanya, yakni Dr Will Caster. Sebuah pertanyaan dalam kemasan fiksi ilmiah, bagaimana bila hidup manusia 
akhirnya diambilalih mesin ciptaannya sendiri?

Aktor dan aktris lainnya yang ikut membintangi film ini adalah Kate Mara, Morgan Freeman dan Cillian Murphy.


0 komentar:

Poskan Komentar