Label:

Asal usul lahirnya Google Doodle

Asal usul lahirnya Google Doodle - Perusahaan yang berpusat di Mountain View, Amerika Serikat ini merupakan perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang mesin pencarian internet. Meskipun bukan hanya itu, banyak orang yang mengenal Google dengan istilah search engine. Dengan tampilan yang sederhana serta alogaritma-nya yang mendekati sempurna, tidak heran mesin pencari Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet dalam mencari sebuah informasi.

Nah, itulah sekilas tentang Google. Tapi mungkin anda pernah bertanya, bagaimana sejarah Google Doodle? Atau mungkin anda merasa heran kenapa tampilan Google search engine ada gambar aneh / lucu / unik ya? Seperti tampilan Google pada hari ini (24/12/2012), dimana Google menampilkan gambar interaktif untuk mengucapkan selamat liburan yang di rayakan di seluruh dunia. Okay, ini dia awal mulanya Google Doodle ada yang bersumber dari Google.


Apa itu Google Doodle?

Google Doodle adalah sebuah tampilan pada Google yang bersifat surprise, dan kadang-kadang bersifat spontan yang di buat spesial oleh Google dan juga digunakan sebagai logo Google untuk merayakan liburan, ulang tahun, seniman terkenal, pencipta/penemu, dan ilmuwan.

Awal mulanya ide Google Doodle lahir?


Pada tahun 1998, konsep Google Doodle tercipta ketika pendiri Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin bermain dengan logo perusahaan untuk menunjukkan kehadiran mereka pada festival Burning Man di gurun Nevada. Ketika itu mereka menempatkan gambar tongkat di belakang huruf O kedua pada tulisan GOOGLE yang masih terlihat sangat sederhana. Dimana logo tersebut dimaksudkan sebagai sebuah pesan lucu bagi para pengguna Google bahwa pendirinya sedang tidak di kantor (liburan).

First Google Doodle

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2000, Larry dan Sergey menanyakan kepada webmaster mereka Dennis Hwang yang ketika itu sedang magang, agar membuat Doodle untuk hari Bastille. Kemudian karena merasa senang dengan hasilnya, Dennis diangkat menjadi kepalaGoogle Doodle dan corat-coret kemudian dianggap hal biasa pada halaman Google. Hingga corat-coret merupakan hal yang biasa dalam memperingati hari liburan.

Seiring berjalannya waktu, permintaan terhadap corat-coret semakin meningkat di Amerika Serikat dan dunia internasional. Permintaan tersebut membuat Doodle sebagai tanggung jawab tim ilustrator (yang disebut Doodlers). Bagi mereka, corat-coret merupakan salah satu upaya untuk memeriahkan halaman Google yang menyampaikan senyum kepada para pengguna Google di seluruh dunia.

Berapa banyak Google Doodle yang telah di buat hingga saat ini?

Tim Google Doodle telah menciptakan lebih dari 1000 Doodle untuk homepage Google di seluruh dunia.

Bagaimana menentukan Google Doodle yang akan ditampilkan?

Sekelompok Googler berkumpul secara teratur untuk bertukar pikiran dan memutuskan acara apa yang akan dirayakan pada Google Doodle. Ide corat-coret untuk Google Doodle ini berasal dari berbagai sumber, baik dari Googler juga termasuk para pengguna Google. Proses seleksi Doodle bertujuan untuk merayakan acara menarik dan peringatan yang mencerminkan kepribadian Google dan suka berinovasi.

Siapa yang mendesain Doodle?

Ada tim ilustrator (yang disebut sebagai Doodlers) yang ada di balik corat-coret yang anda lihat pada halaman Google.

Bagaimana caranya pengguna Google mengajukan ide untuk Google Doodle?

Tim Doodle selalu bersifat terbuka dan senang mendengar ide dari pada penggunanya. Mereka dapat mengajukan idenya dalam bentuk proposal dan di kirim ke proposals@google.com untuk ide-ide Google Doodle berikutnya. Tim mereka menerima ratusan permintaan setiap harinya, namun tidak selalu menanggapi dan memenuhi permintaan mereka. Tapi yakinlah bahwa tim mereka telah membacanya.

0 komentar:

Poskan Komentar