Konsultan merek
internasional, Interbrand, menetapkan 100 merek produk termahal di dunia
sepanjang 2012. Keseratus merek tersebut dianggap berhasil mendongkrak
kinerja perusahaan mulai dari pertumbuhan pendapatan hingga tingkat
kepuasan konsumen.
Dikutip dari "Laporan Interbrand's 13 Annual Best Global Brand" yang diperoleh VIVAnews, Coca-Cola merupakan merek produk paling mahal di seantero bumi. Minuman bersoda ini berhasil mempertahankan posisi puncak yang diperolehnya pada tahun lalu.
Menguntit di belakang Coca-Cola adalah produk perangkat komputer Apple yang posisinya melonjak enam peringkat dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara di posisi ketiga adalah perusahaan komputer, IBM, yang harus rela turun satu peringkat dari tahun lalu.
Interbrand melaporkan, nilai merek Coca-Cola saat ini mencapai US$77,83 miliar. Nilai itu meningkat 8 persen dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara Apple dan IBM mencatat nilai merek masing-masing US$76,57 miliar dan US$75,53 miliar.
CEO Interbrand Global, Jez Frampton menilai, seiring makin meningkatnya kompetisi global, kontribusi sebuah merek bagi nilai sebuah perusahaan juga ikut meningkat. "Seratus merek paling mahal ini telah berhasil mendengarkan konsumen, pekerja, dan investor dan menghantarkan mereka menjadi sebuah produk yang memberikan pengalaman memuaskan," katanya.
Dalam penilaian ini, Interbrand menetapan tiga kriteria pemeringkatan. Kriteria pertama yaitu kinerja keuangan dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh merek tersebut.
Penilaian kedua adalah peran merek produk dalam mempengaruhi pilihan para konsumen. Terakhir adalah kekuatan merek produk di harga yang lebih mahal sehingga bisa mengamankan pendapatan bagi perusahaan.
Dari ketiga kriteria tersebut, Interbrand akhirnya menetapkan 100 merek produk yang dianggap paling berharga sekaligus mahal di dunia.
Berikut adalah 10 merek termahal di dunia sepanjang tahun 2012:
Dikutip dari "Laporan Interbrand's 13 Annual Best Global Brand" yang diperoleh VIVAnews, Coca-Cola merupakan merek produk paling mahal di seantero bumi. Minuman bersoda ini berhasil mempertahankan posisi puncak yang diperolehnya pada tahun lalu.
Menguntit di belakang Coca-Cola adalah produk perangkat komputer Apple yang posisinya melonjak enam peringkat dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara di posisi ketiga adalah perusahaan komputer, IBM, yang harus rela turun satu peringkat dari tahun lalu.
Interbrand melaporkan, nilai merek Coca-Cola saat ini mencapai US$77,83 miliar. Nilai itu meningkat 8 persen dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara Apple dan IBM mencatat nilai merek masing-masing US$76,57 miliar dan US$75,53 miliar.
CEO Interbrand Global, Jez Frampton menilai, seiring makin meningkatnya kompetisi global, kontribusi sebuah merek bagi nilai sebuah perusahaan juga ikut meningkat. "Seratus merek paling mahal ini telah berhasil mendengarkan konsumen, pekerja, dan investor dan menghantarkan mereka menjadi sebuah produk yang memberikan pengalaman memuaskan," katanya.
Dalam penilaian ini, Interbrand menetapan tiga kriteria pemeringkatan. Kriteria pertama yaitu kinerja keuangan dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh merek tersebut.
Penilaian kedua adalah peran merek produk dalam mempengaruhi pilihan para konsumen. Terakhir adalah kekuatan merek produk di harga yang lebih mahal sehingga bisa mengamankan pendapatan bagi perusahaan.
Dari ketiga kriteria tersebut, Interbrand akhirnya menetapkan 100 merek produk yang dianggap paling berharga sekaligus mahal di dunia.
Berikut adalah 10 merek termahal di dunia sepanjang tahun 2012:
Peringkat 2012
|
Peringkat 2011
|
Merek
|
Sektor Bisnis
|
Nilai Merek (US$ miliar)
|
Perubahan
|
1
|
1
|
Coca-Cola
|
Makanan/minuman
|
77,83
|
8%
|
2
|
8
|
Apple
|
Teknologi
|
76,56
|
129%
|
3
|
2
|
IBM
|
Jasa Bisnis
|
75,53
|
8%
|
4
|
4
|
Google
|
Teknologi
|
69,72
|
26%
|
5
|
3
|
Microsoft
|
Teknologi
|
57,85
|
-2%
|
6
|
5
|
GE
|
Diversifikasi
|
43,68
|
2%
|
7
|
6
|
McDonald’s
|
Restoran
|
40,06
|
13%
|
8
|
7
|
Intel
|
Teknologi
|
39,38
|
12%
|
9
|
17
|
Samsung
|
Teknologi
|
32,89
|
40%
|
10
|
11
|
Toyota
|
Otomotif
|
30,28
|
9%
|
0 komentar:
Posting Komentar