Label:

Perjalanan Dortmund Menuju Final Liga Champions

Perjalanan Dortmund Menuju Final Liga Champions  

Borussia Dortmund berhasil memperbaiki prestasinya di Liga Champions musim lalu. Setelah gagal lolos fase Grup F di musim 2011/2012, Dortmund berhasil keluar sebagai juara Grup D dan kini menembus partai puncak kompetisi paling elite di Benua Biru itu. Dortmund akan menghadapi Bayern Muenchen di Stadion Wembley, Minggu, 26 Mei 2013, dinihari nanti.

Berikut ini perjalanan klub besutan Juergen Klopp menuju final Liga Champions 2012/2013:

Fase grup
Dortmund ke dalam grup maut. Semua juara liga domestik berkumpul di Grup D, yaitu juara Liga Spanyol Real Madrid, juara Liga Primer Inggris Manchester City, dan juara Eredivisie Ajax. Namun, Dortmund sukses menjuarai grup dengan rekor tak terkalahkan.

Hasil pertandingan:
Dortmund 1-0 Ajax
Manchester City 1-1 Dortmund
Dortmund 2-1 Real Madrid
Real Madrid 2-2 Dortmund
Ajax 1-4 Dortmund
Dortmund 1-0 Manchester City

Babak 16 besar
Mario Gotze dan kawan kawan bertemu dengan runner-up Grup E, Shakhtar Donetsk. Dortmund sukses menahan imbang 2-2 Shaktar di Ukraina. Kemudian Dortmund membantai Shakhtar dengan skor 3-0 di kandang sendiri.

Hasil pertandingan:
Shakhtar 2-2 Dortmund 
Dortmund 3-0 Shakhtar

Perempat final
Dortmund bertemu dengan tim kejutan asal Spanyol, Malaga. Die Borussien sempat kewalahan ketika melakoni leg pertama di kandang Malaga. Kedua tim bermain imbang tanpa gol. Di pertemuan kedua, Dortmund berhasil lolos secara dramatis lewat gol kemenangan di menit akhir pertandingan.

Hasil pertandingan:
Malaga 0-0 Dortmund
Dortmund 3-2 Malaga

Semifinal
Dortmund kembali dipertemukan dengan Real Madrid setelah bersaing di fase grup. Awalnya, Dortmund sempat tak diunggulkan. Namun tim asal Lembah Ruhr itu membuat semua orang terkejut usai melibas Madrid dengan skor telak 4-1 di pertemuan pertama. Robert Lewandowski jadi bintang di laga itu dengan memborong semua gol Dortmund.

Di pertemuan kedua, Dortmund justru tampil sedikit tertekan. Untungnya, kekalahan 2-0 dari Los Blancos di leg kedua tidak mengehtikan langkah mereka menuju final. Dortmund lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

Hasil pertandingan:
Dortmund 4-1 Real Madrid
Real Madrid 2-0 Dortmund



0 komentar:

Poskan Komentar