Label:

Para Aktor Lapangan Hijau Eropa Yang Pensiun di 2013

Perpisahan bukanlah situasi yang diharapkan terjadi oleh siapa saja, bahkan oleh mereka yang aktif di dunia sepakbola dan loyalitasnya tak terbantahkan pada klubnya.

Keputusan pensiun Sir Alex Ferguson dari jabatan manajer Manchester United mengejutkan seluruh penikmat sepakbola jagat raya. Pasalnya, pria Skotlandia berusia 71 itu dinilai sebagai bagian dari sejarah sepakbola, khususnya di ranah Britania.

Namun bukan hanya Sir Alex yang memilih tahun ini sebagai tahun terakhir aktif di lapangan hijau. Berikut ini adalah beberapa aktor sepakbola Eropa, yang memutuskan untuk mengakhiri karier di 2013.

1. Michael Owen

Michael Owen

Mantan striker yang bersinar bersama Liverpool dan timnas Inggris tersebut memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2012/13 bersama klub Premier League, Stoke City.

Selama kariernya, ia pernah memperkuat sejumlah klub raksasa seperti Real Madrid dan Manchester United. Kesulitan bersaing bersama The Potters dianggap menjadi penyebab utama Owen, untuk mengakhiri karier pada usia 33 tahun.

2. Jamie Carragher

Jamie Carragher

Memulai sepakbola pada usia sembilan tahun di akademi sepakbola Liverpool, Carra memutuskan untuk pensiun bersama tim yang sama pada usia 35 tahun. Keputusan tersebut diambil, setelah Carra mendukung proses regenerasi The Reds, di bawah manajer Brendan Rodgers.

Untuk musim depan, Carra memilih untuk terjun di dunia broadcasting dengan menjadi komentator sepakbola bersama media kenamaan Inggris, Sky Sports.

3. Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso

Lama bermain bersama AC Milan, namun pemain dengan julukan Rhyno itu justru memutuskan pensiun dengan klub Swiss, FC Sion. Pasalnya, usai dilepas Rossoneri, Gattuso mendapat tawaran sebagai pemain sekaligus pelatih di klub tersebut.

Dan pada usia 35 tahun, Gattuso memutuskan untuk lebih serius di bidang kepelatihan, dan meninggalkan status sebagai pemain sepakbola, menjadi pelatih klub sepakbola.

4. Jupp Heynckes

Jupp Heynckes

Rencana pensiun Heynckes dari Bayern Munich sesungguhnya merupakan hal yang dirahasiakan. Bahkan kabar penunjukan Josep Guardiola sebagai suksesornya musim depan, sempat membuat pihak klub bersitegang.

Namun pensiunnya Heynckes akan tetap meninggalkan jejak manis bagi The Bavarians. Selama tiga periode menangani Bayern, musim ini mungkin adalah yang terbaik. Mewujudkan all-german final di Liga Champions, serta meruntuhkan dominasi Barcelona FC di Eropa jelas akan menjadi kenangan tersendiri di masa depan.

5. Stiliyan Petrov

Stiliyan Petrov

Kapten Aston Villa itu akhirnya memutuskan pensiun pada usia 33 tahun, bersama klub yang dibelanya sejak tahun 2006. Leukimia yang dideritanya membuat Petrov terpaksa mengambil keputusan untuk berhenti, kendati sosoknya masih sangat diperlukan Villa dan juga pendukungnya.

Pemain asal Bulgaria itu divonis menderita leukimia pada bulan Maret tahun lalu dan belum pernah bermain lagi hingga saat ini. Usai pensiun, ia berencana mendirikan sebuah yayasan untuk membantu para penderita leukimia.

6. Cristian Brocchi

Cristian Brocchi

Gelandang bertahan kelahiran Milan itu memutuskan pensiun dengan seragam Lazio, setelah cedera metatarsal yang dialaminya tak kunjung sembuh. Hal itu seperti diungkapkan pihak klub, yang bertanggung jawab atas kesembuhan pemain 37 tahun itu.

"Staf medis, atas nama pemain yang bersangkutan, mengumumkan bahwa, setelah semua usaha yang dilakukan, sama sekali tidak ada kemungkinan (bagi Brocchi) untuk kembali ke dunia profesional. Rasa sakit yang dirasakan Cristian adalah dasar dibuatnya pernyataan ini.

"Klub ingin berterima kasih kepada Cristian Brocchi atas sikap profesional yang sudah ditunjukkannya selama di sini."


7. Paul Scholes

Paul Scholes

Sempat memutuskan pensiun pada 31 Mei 2011, namun Scholes kembali ke lapangan hijau masih dengan Manchester United pada 8 Januari 2012. Keterbatasan skuad Alex Ferguson menjadi alasan tunggal untuk mengurungkan masa istirahatnya.

Usai berhasil mengantar United meraih gelar liga domestik ke-20, Scholes turut menemani sang manajer, yang juga bakal pensiun di akhir musim 2012/13. Kali ini, ia hanya beralasan singkat, "Ini adalah waktu yang benar-benar tepat untuk pensiun."

8. Alex Ferguson

Alex Ferguson

26 Tahun pengabdian Sir Alex di Old Trafford akhirnya ditutupnya dengan gelar ke-20 bagi klub, dan juga ke-13 baginya selama menukangi Manchester United. Musim depan, posisinya bakal digantikan oleh manajer Everton, David Moyes.

Kepergian Fergie meninggalkan segudang sejarah bagi Setan Merah. Salah satu yang paling fenomenal adalah keberhasilannya menelurkan bibit muda United dalam Class of '92, yang berisikan di antaranya David Beckham, Ryan Giggs, Nicky Butt dan Gary Neville.

9. Mark van Bommel

Mark van Bommel

Gelandang lugas asal Belanda itu memutuskan pensiun di akhir musim ini, dengan seragam PSV Eindhoven. Kebugaran dan regenerasi pemain disebutnya sebagai alasan utama di balik keputusan pemain 36 tahun tersebut.

Sayangnya di laga penutup, midfielder yang dikenal tanpa kompromi itu harus meneima kartu merah, di mana PSV juga mengalami kekalahan 1-3 dari FC Twente.

10. Dennis Swales

Dennis Swales

Meski bukan sosok yang terkenal di dunia sepakbola benua biru, namun Swales yang bermain di liga amatir Inggris itu harus mengakhiri karier lebih cepat, usai menirukan gaya selebrasi Jurgen Klinsmann.

Pemain 27 tahun tersebut mengaku sangat kegirangan, ketika golnya di menit akhir laga naas tersebut sukses memenangkan timnya dengan skor 3-2. Namun selebrasi menjatuhkan diri ala Klinsmann yang dilakukannya tak sukses, dan justru mematahkan tulang lehernya.

11. Robbie Rogers

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar