Label:

11 Festival untuk Mencicipi Cokelat-cokelat Terbaik Dunia

img

World Chocolate Masters Final, Paris, Prancis (The Telegraph)

Beberapa negara seperti Swiss dan Prancis terkenal sebagai penghasil cokelat terlezat di dunia. Tapi kalau mau mencicipi cokelat dari berbagai belahan dunia, 11 festival ini jawabannya.

The Telegraph, Senin (11/3/2013) merangkum 11 festival cokelat terbesar di dunia. Traveler bisa mencicipi cokelat khas berbagai belahan dunia, ikut dalam proses membuat cokelat, sampai menikmati fashion show bertema cokelat:

1. Chocolate Festival, Brighton, Inggris

Di Inggris, festival cokelat tahunan berlangsung di 4 kota yakni London, Oxford, Bristol dan Brighton. Di Brighton misalnya, Chocolate Festival digelar pada 9-10 Maret 2013 kemarin. Wisatawan bisa mencicipi aneka panganan cokelat mulai dari cake sampai cokelat pedas. Anda juga bisa mencoba membuat cokelat sendiri lho!

img

Chocolate Festival, Brighton, Inggris (The Telegraph)

2. Salon du Chocolat, Paris, Prancis

Sebagai salah satu kota fesyen dunia, Paris punya suguhan unik seputar festival cokelat. Salon du Chocolat adalah konsep baru dalam dunia fesyen dan festival cokelat. Para ahli cokelat bekerjasama dengan para desainer, membuat pakaian modis berbahan dasar cokelat. Ya, Anda bisa melihat para model berpakaian cokelat di atas catwalk.

Salon du Chocolat digelar di kota-kota berbeda, dari New York sampai Tokyo, termasuk 7 kota di Prancis. Kalau menyambangi Salon du Chocolat di Paris, wisatawan bisa menyaksikan demonstrasi pembuatan cokelat ala koki-koki ternama. Tahun ini, Salon du Chocolat digelar mulai 30 Oktober-3 November.

img

Salon du Chocolat, Paris, Prancis (The Telegraph)


4. Eurochoclate, Umbria, Italia

Festival cokelat terbesar di Eropa berlokasi di Perugia, mulai 18-27 Oktober tiap tahunnya. Sekitar 900.000 wisatawan datang tiap tahunnya. Bedanya Eurochoclate dengan festival cokelat lainnya, wisatawan bisa melihat tradisi kuliner cokelat di Italia. Cicipilah berbagai kreasi cokelat di stan-stan selama pameran, dan jangan lupa berfoto dengan patung cokelat.

img

Eurochoclate, Umbria, Italia (The Telegraph)


5. ChocolART, Tubingen, Jerman

Festival cokelat terbesar di Jerman, ChocolART, adalah tempat berkumpulnya ahli cokelat dari berbagai belahan dunia. Traveler bisa mencicipi cokelat dari Amerika Utara, Amerika Selatan, sampai Eropa dan Afrika. Beragam kegiatan seru juga bisa diikuti mulai dari kursus masak dan pijat cokelat, alias chocolate massage. ChocolART digelar pada 3-8 Desember 2013.

img

ChocolART, Tubingen, Jerman (The Telegraph)

6. Chocolate Fest, New Brunswick, Kanada

Tahun ini, Chocolate Fest ke-29 digelar di Kanada, mulai 3-10 Oktober mendatang. Lokasinya yaitu di St Stephen, kota mungil yang dikenal warga lokal sebagai 'Kota Cokelat Kanada'.

Di Chocolate Fest, wisatawan bisa menikmati beragam menu makanan mulai dari sarapan sampai makan malam. Tentu saja, bahan dasarnya adalah cokelat. Di sini Anda juga bisa mencicipi 'choctails' alias cocktail cokelat. Jangan lewatkan workshop bertema cokelat, lomba-lomba, dan beragam aktivitas seru untuk keluarga.

7. Miami Fine Chocolate & Food Show, Miami, AS

Festival rutin tahunan ini menyuguhkan wisatawan beragam kreasi seputar cokelat. Para koki lokal berkumpul bersama ahli-ahli cokelat dari seluruh dunia. Traveler bisa mengikuti acara-acara besarnya termasuk demonstrasi pembuatan cokelat, seminar cokelat, 'food pairings' dan live music. Festival ini digelar tiap 9-10 Maret.

8. Kauai'i Chocolate Conference, Hawaii, AS

Tahun ini, konferensi cokelat pertama di dunia akan digelar di Kaua'i, Hawaii. Agenda ini digelar oleh Kaua'i Chocolate Company, perusahaan cokelat asli Hawaii yang punya perkebunan sendiri. Selain mencicipi aneka kreasi cokelat, wisatawan juga bisa mengunjungi kebun cokelat dan pabrik pembuatan cokelat.

Di sini, traveler bisa mencicipi perpaduan rasa cokelat dengan buah-buahan tropis seperti jambu biji, kelapa, juga vanilla. Selain cokelat, Anda juga bisa mencicipi kopi khas lokal yang nikmat.

9. Chicago Fine Chocolate Show, Chicago, AS

Ada sekitar 100 stall yang menjual cokelat dari berbagai belahan dunia. Di Chicago Fine Chocolate Show, pengunjung juga bisa melihat demo pembuatan pastry dari French Pastry School. Ada juga seminar seputar cokelat yang diadakan Fine Chocolate Industry Association.

Chicago Fine Chocolate Show adalah tempat Anda mencicipi cokelat-cokelat terbaik di dunia, juga wine, bir, dan beragam kreasi minuman beralkohol lainnya. Acara ini digelar mulai 18-20 Oktober 2013.

10. York Chocolate Festival, York, Inggris

Bicara tentang cokelat, Kota York di Inggris punya sejarah yang panjang. Cokelat sudah mengakar dalam tradisi kuliner kota ini mulai tahun 1781. Waktu itu, York punya 8 toko cokelat yang jadi kegemaran 17.000 warga lokal.

Selain mencicipi aneka cokelat, wisatawan juga bisa ikut tur Chocolate Trails. Menyambangi toko-toko cokelat bersejarah, melihat pembuatan cokelat, dan menyambangi pasar cokelat. Ssst, Anda juga bisa mencicipi vodka cokelat yang konon sangat nikmat. Berminat? Datanglah ke York pada 28-30 Maret 2013 mendatang.

11. World Chocolate Masters Final, Paris, Prancis

World Chocolate Masters Final adalah kompetisi yang hanya bisa diikuti oleh ahli dan seniman cokelat. Tema tahun ini adalah 'Architecture of Taste'. Sebelumnya World Chocolate Masters Final telah digelar di beberapa negara termasuk Inggris. Namun apa salahnya Anda menyambangi Kota Paris untuk finalnya, 28-30 Oktober 2013. Para pemenang dari 19 negara akan berlomba untuk gelar World Chocolate Master International!




0 komentar:

Poskan Komentar