Label:

9 Film Nomine Oscar 2013



Sembilan film telah diumumkan sebagai nomine di ajang pemberian penghargaan bergengsi sejagat Academy Awards, Kamis (10/1/2013) waktu Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka akan bersaing untuk mendapatkan tempat terhormat sebagai Film Terbaik 2013. 

Sejumlah nama besar pun berada di balik film-film unggulan. Sebut saja, Ang Lee yang kali ini meloloskan film Life of Pi, ada Lincoln garapan sutradara Steven Spielberg, Argo (Ben Affleck), hingga film yang mengisahkan detik-detik penangkapan Osama bin Laden, Zero Dark Thirty, arahan sutradara Kathryn Bigelow.

Seperti apakah kesembilan film yang diunggulkan itu. Berikut gambarannya.

AMOUR
Film garapan sutradara asal Austria, Michael Haneke, ini berhasil mencuri perhatian. Tak cuma diunggulkan sebagai Film Terbaik Berbahasa Asing, film ini juga dinominasikan meraih Oscar untuk kategori paling bergengsi, Film Terbaik.

Meski harus bersaing dengan film-film unggulan karya sutradara kawakan, Amour tetap punya peluang mencatat sejarah baru. Film berbahasa Perancis ini berkisah tentang sepasang suami istri, Anne dan Georges, yang telah lanjut usia yang hidup di era kekuasaan pemerintahan Augusto Pinochet di Cile.

Di akhir hidupnya, pasangan pensiunan guru musik ini berjuang saling melengkapi. Anne harus mengalami lumpuh sebelah lantaran stroke yang dideritanya. Anak satu-satunya, yang diperankan Isabelle Huppert, justru tinggal terpisah di luar negeri.

Sejumlah penghargaan telah diraih film ini. Salah satunya, penghargaan tertinggi Palme d'Or di Cannes Film Festival 2012.

Pada ajang Academy Awards 2013 ini, film yang dibintangi Jean-Louis Trintignant dan Emmanuelle Riva ini dinominasikan di lima kategori, yakni Best Picture, Best Actress in a Leading Role (Emmanuelle Riva), Best Original Screenplay (Michael Haneke), Best Director (Michael Haneke), dan Best Foreign Language Film. 

 

LIFE OF PISebuah film drama petualangan yang didasarkan pada novel karya Yann Matel dengan judul yang sama. Skenario film arahan sutradara Ang Lee ini dipercayakan kepada David Magee, dan dibintangi sejumlah aktor India.  

Film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia 16 tahun bernama Piscine Molitor "Pi" Patel yang terjebak di sebuah sekoci setelah bencana kapal laut yang menewaskan keluarganya. Tak dinyana, seekor harimau benggala juga berada di dalamnya. 

Di sekoci itulah keduanya berusaha bertahan hidup dan membawa mereka pada sebuah petualangan yang mengharukan.



ARGO
Tak cuma sebagai pemain, Ben Affleck juga menjadi nakhoda untuk film bergenre thriller ini. Argomengangkat kisah nyata dari sebuah peristiwa penyelamatan enam diplomat di Teheran, Iran, pada tahun 1979.

Film ini berpusat pada usaha Tony Mendez, seorang agen CIA, yang memimpin pelarian para diplomat itu. Mendez diperankan Affleck sendiri.


LINCOLNFilm ini sebagian didasarkan pada biografi dari Lincoln yang ditulis Doris Kearns Goodwin, Tim Rivals: The Genius Politic Abraham Lincoln. Ceritanya lebih berpusat pada empat bulan terakhir dari kehidupan Lincoln. 

Lincoln mengetengahkan usaha Presiden pada Januari 1865 untuk memiliki Amandemen Ketigabelas Konstitusi Amerika Serikat untuk disahkan oleh anggota dewan Amerika Serikat.

Film yang dibintangi Daniel Day-Lewis ini mendapat apresiasi positif dari sejumlah kritikus film.  Desember 2012 lalu, film ini meraih tujuh nominasi Golden Globe Awards, termasuk Best Picture, Best Director untuk Spielberg, dan Best Actor (Day-Lewis).

Sementara itu, di ajang Academy Awards, film ini mendominasi perolehan dengan 12 nominasi, antara lain untuk kategori Best Picture, Best Director, dan Best Actor (Day Lewis). Film ini juga meraih sukses secara komersial dengan perolehan pendapatan lebih dari 145 juta dollar AS untuk wilayah domestik.




BEASTS OF THE SOUTHERN WILD 
Film drama fantasi yang disutradarai oleh Benh Zeitlin. Skenarionya ditulis bersama Lucy Alibar, yang diangkat dari salah satu karya Alibar, Juicy and Delicious. 
Beasts of the Southern Wild berkisah tentang seorang bocah berusia 5 tahun, Hushpuppy, yang tinggal di sebuah wilayah yang terisolasi yang dikenal dengan nama "The Bathtub".

Empat nominasi diraih film ini pada Academy Awards 2013. Masing-masing untuk Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best Actress untuk Quvenzhané Wallis, pemeran Hushpuppy. Ia menjadi aktris termuda yang diunggulkan pada Oscar tahun ini.




DJANGO UNCHAINEDIni film terbaru karya sutradara Quentin Tarantino, dan dibintangi aktor-aktor berkelas, seperti Jamie Foxx, Leonardo DiCaprio, Christoph Waltz, dan Samuel L Jackson.  

Alkisah, seorang pemburu asal Jerman, Dr King Schultz, membeli seorang budak bernama Django. Dia kemudian berjanji membebaskannya bila ia bisa membantunya menemukan penjahat yang sedang dicarinya.

Django menerimanya. Dia berharap dengan bekerjasama Schultz memberi kesempatan untuk kembali menemukan istrinya yang dijual majikan terlebih dahulu.

Inilah dunia koboi yang akan membawa Anda berpetualang ke masa lalu di kawasan Amerika. 
 



LES MISERABLES
Film drama musikal yang ceritanya diangkat berdasarkan karya novel berbahasa Perancis tahun 1862 karya Victor Hugo.

Di tangan sutradara Tom Hooper dan penulis skenario William Nicholson, Boublil, Schönberg, dan Herbert Kretzmer, karya ini kembali dihadirkan. 

Les Miserables berlatar kekacauan sosial politik di Perancis pada abad ke-19 dengan menghadirkan bintang keren, yakni Hugh Jackman, Russell Crowe, Anne Hathaway, dan Amanda Seyfried.

Crowe memerankan inspektur polisi Javert yang memburu mantan narapidana Jean Valjean yang diperankan oleh Jackman, setelah ia melanggar pembebasan bersyarat.

Hathaway memerankan Fantine, pekerja pabrik yang menjadi pramuria. Ia pun harus menurunkan berat badannya secara drastis serta memangkas rambutnya demi peran itu.

Versi panggung Perancis yang asli dari Les Miserables, oleh penulis lirik Alain Boublil dan komposer Claude-Michel Schonberg, pernah dipentaskan di Paris pada 1980.

Adapun pementasan musikal yang diproduksi di West End pada Oktober 1985 menjadi salah satu pertunjukan panggung dengan waktu pementasan terlama di dunia.
 



ZERO DARK THIRTY
 
Inilah film kedua Kathryn Bigelow yang mencuri perhatian publik dunia setelah film terdahulunya,The Hurt Locker. 

Zero Dark Thirty
 berkisah tentang drama detik-detik penggerebekan orang nomor satu yang paling diburu Amerika Serikat, Osama Bin Laden. 

Tokoh yang satu ini memang menjadi incaran Amerika pasca-penyerangan gedung WTC pada September 2001. Momen penangkapannya pun menjadi bagian yang menarik perhatian dunia. Momen inilah yang ditangkap Bigelow ke layar lebar. 

Bersama Mark Boal, ia menyiapkan naskah film ini. Sebelum diberi judul Zero Dark Thirty, film ini sempat diberi judul For God and Country.

Dibintangi Jessica Chastain, Jason Clarke, Joel Edgerton, Jennifer Ehle, Mark Strong, Kyle Chandler, dan Edgar Ramírez, film ini diputar kali pertama di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 18 Desember 2012.

SILVER LININGS PLAYBOOK Hidup memang tak semulus rencana di atas kertas. Begitu jugalah yang dialami Pat Solitano, diperankan Bradley Cooper. Semua yang dimilikinya, karier, rumah, dan istrinya lenyap dalam genggamannya. Kondisi ini mengguncang jiwanya. 

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit jiwa, ia memutuskan kembali bersama orangtuanya dan mencoba merajut kembali kehidupan dengan mantan istrinya. 

Di tengah usahanya itu, ia bertemu dengan Tiffany, seorang gadis misterius yang tengah berkutat dengan masalah pribadinya. Adrenalin Pat terusik. Sebuah petualangan baru pun dihadapinya.

Disutradarai David O Russell serta bintang Jennifer Lawrence dan Robert De Niro, film ini mengantarkan para bintang dan sutradaranya ke nominasi Oscar.


0 komentar:

Poskan Komentar